Jumat, 23 November 2012

Cara merawat wajah




1. Membersihkan wajah secara teratur
Setelah melakukan aktivitas diluar ruangan yang senantiasa terpapar sinar matahari secara langsung hendaknya langsung mencuci wajah dengan bersih. Sebaiknya cuci wajah Anda minimal dua kali sehari pagi dan malam.
2. Pilih pH Sabun yang sesuai dengan wajah Anda.
Sebaiknya perhatikan pH pada kemasan sabun wajah yang Anda gunakan. Ada baiknya Anda mengetahui juga kandungan bahan dalam sabun serta efeknya bagi wajah Anda. Bila sudah cocok menggunakan sabun wajah, sebaiknya tidak usah bergonta ganti. Bila perlu tanyakan langsung kepada ahli kulit sabun yang pas untuk Anda.
3. Gunakan tabir surya (SunBlock) di siang hari
Bagi Anda yang sering keluar rumah atau yang setiap hari beraktivitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan tabir surya. Hal ini untuk mengurangi efek sinar UV yang dapat merusak kulit wajah sensitif Anda. Gunakan sunblock yang benar – benar aman dan sudah teruji.
4. Gunakan obat jerawat sesuai kebutuhan.
Sekarang sudah banyak kok obat – obatan baik dari luar atau dari dalam yang dalam bentuk capsul. Saya pribadi juga merupakan pemilik wajah berjerawat, saya sendiri menggunakan obat capsul Clindamycin 250mg banyak dijual di apotek. Harganya juga sangat terjangkau sekitar 10 – 15 rb.
5. Kurangi pengggunaan bahan – bahan kosmetika
Bila Anda dalam masa pengobatan jerawat sebaiknya kurangi atau hentikan penggunaan kosmetik yang dapat memperparah jerawat Anda. Karena bahan kosmetika yang Anda gunakan tersebut dapat menyumbat pori – pori kulit sehingga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat pada wajah Anda.
6. Jangan menyentuh dan memencet jerawat
Penting untuk dilakukan agar tidak menimbulkan bekas jerawat di wajah.
Selain cara diatas sebenarnya jerawat dapat dicegah dengan cara olahraga teratur dan istirahat cukup serta kurangi aktivitas yang menyebabkan stress. Bagi yang sering begadang sebaiknya kurangi aktivitas begadang Anda karena tidur larut malam juga dapat memicu tumbuhnya jerawat. Ini juga merupakan cara merawat wajah berjerawat, sensitif dan berminyak. Jadi ada baiknya mencegah terjadinya jerawat daripada mengobati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar